LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)
PADA PC KITA
OLEH :
Dimas Verian
Nugroho 11280
Hendri
Ramadhan 12234
Afzal
Arifiansyah 14638
PROGRAM STUDI
TEKHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK MULTI MEDIA MANDIRI
TAHUN 2016
LEMBAR PENGESAHAN
Nama Siswa
1.
Dimas Verian Nugroho 11280
2.
Hendri Ramadhan 12234
3.
Afzal Arifiansyah 14638
Kelas/ Program keahlian
: XI - I / TEKNIK
KOMPUTER JARINGAN
Tempat Prakerin : PC KITA
Kepala Program
Dwi Ismuryanto, S.Kom.
|
Pembimbing Sekolah
………………………………………
|
Mengetahui,
Kepala SMK Multi Media Mandiri
R. Erwin Nur Bhakti, ST.,MM.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman sekarang, kemajuan
ilmu teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang penting untuk membantu
segala tugas dan aktivitas-aktivitas manusia. Pola pikir
manusia yang selalu ingin tahu untuk menciptakan berbagai hal baru,
memacu berbagai persaingan karya yang berbasis ilmu pengetahuan yang bisa di
terima oleh masyarakat dunia. Persaingan di kalangan masyarakat, menjadikan
dunia industri menjadi lebih maju dan tentunya mengakibatkan
kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin hari lebih menginginkan
barang/jasa yang lebih berkualitas. Hal inilah yang tentunya
mendorong lembaga-lembaga pendidikan untuk mengembangkan
keterampilan siswa yang lebih baik untuk menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas
pula, termasuk lembaga-lembaga pendidikan yang ada di
indonesia. Berbagai lembaga pendidikan terus berinovasi untuk meningkatkan
mutu dari siswa mereka. Hal inilah yang terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) yang terus berusaha memberikan lulusan-lulusan terbaik yang siap berbaur
dengan dunia usaha dan industri maupun instansi pemerintahan bahkan
mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang tentunya siswa tersebut telah
memiliki keterampilan yang bisa bersaing dengan masyarakat dunia.
Usaha-usaha tersebut salah satunya
adalah dengan mengadakan pelaksanaan Praktek kerja industri (Prakerin) bagi
seluruh siswa SMK. Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan bagian dari
program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di
dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu
Pendidikan System Ganda (PSG). Program Prakerin di susun bersama antara sekolah
dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar
dapat menambah wawasan pengalaman dan ilmu pengetahuan peserta untuk lebih
mengembangkan potensi yang ada dalam diri para siswa tersebut. Adapun
hasil dari pelaksanaan kegiatan Prakerin banyak menghasilkan siswa-siswi
yang berkualitas dan telah siap turun langsung untuk berbaur dengan
masyarakat. Berdasarkan pemikiran-pemikiran yang telah di
paparkan di atas, menjelaskan kepada kita bahwa siswa yang telah menyelesaikan
pendidikannya harus bisa memiliki keterampilan dan ilmu yang cukup untuk bisa
berbaur dengan masyarakat khusunya pada dunia usaha dan industri/instansi
pemerintah agar siswa tersebut mampu bertahan di era globalisasi dunia yang
kian hari makin melesat luas dan mampu menjadi manusia
yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara sehingga menjadi Generasi muda yang
dapat di banggakan oleh Nusa dan Bangsa.
1.2 Maksud Dan Tujuan
Penyelenggaraan
praktik kerja industri (Prakerin) bertujuan untuk :
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Prakerin
PRAKERIN ( Praktek Kerja
Industri ) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang
dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relavan dengan kompetensi (
kemampuan ) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan
prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja,
baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan
dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari
pembimbing sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam
dunia usaha atau dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus
memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan
Praktek kerja industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan
ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja
industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan
terkait.
2.2 Manfaat dalam pembelajaran siswa
·
Memperoleh wawasan luas
mengenai seluk beluk dunia kerja.
·
Meningkatkan rasa percaya
diri, disiplin dan tanggung jawab.
·
Mengetahui arti penting
disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
·
Dapat memahami, memantapkan
dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah.
·
Dapat membandingkan
kemampuan yang diperoleh disekolah dengan dibutuhkan di dunia kerja.
·
Membina hubungan kerja sama
yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
2.3 Pengertian Teknik Komputer Jaringan
Teknik komputer dan jaringan (TKJ)
merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan
komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai
terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah
mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan
dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak
semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang
mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat
dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah
letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ
sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat
dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata
publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja
khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan. Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini
dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa
sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan
dengan komputer dan jaringan. Sejak
terbitnya kebijakan pemerintah bahwa sekolah kejuruan (dulu SMEA, STM, SMKK,
dll) berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK
memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) / prodi
(program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering. Sekarang
ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya,
meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa
Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.
|
BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama : Dimas Verian Nugroho
Jenis Kelamin : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir : Jakarta, 13 Oktober 1999
Alamat Rumah : Jl. Adhi Karya RT. 004/02 No. 52Kedoya
Selatan,kebon Jeruk- Jakarta
Barat
Nomor
Telp / HP : 08811268062
NIS : 14666
Agama : Islam
Kelas / program keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN : PC KITA
Asal sekolah : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua /
wali
Ayah : Tasrifin Arifin
Ibu : Watinah
Nomor
Telp / HP : 081380667862
Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta
Dimas Verian Nugroho
BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama : Hendri Ramadhan
Jenis Kelamin : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir : Subang, 06 Januari 1998
Alamat Rumah : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nomor
Telp / HP : 083871804450
NIS : 14678
Agama : Islam
Kelas / program keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN : PC KITA
Asal sekolah : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua /
wali
Ayah : Aliyusman
Ibu : Kurniasih
Nomor
Telp / HP : 088977046804
Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta
Hendri Ramadhan
BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama : Afzal Arifiansyah
Jenis Kelamin : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir : Jakarta, 04 Juli 1998
Alamat Rumah : Kedaung Kali Angke Rt008/08 Kel.Kedaung Kali Angke
Kec.Cengkareng - Jakarta Barat
Nomor
Telp / HP : 083807948222
NIS : 14638
Agama : Islam
Kelas / program keahlian : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN : PC KITA
Asal sekolah : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua /
wali
Ayah : Nur Arifin
Ibu : Sunarsih
Nomor
Telp / HP : 081289867265
Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta
Afzal Arifiansyah
DAFTAR ISI
Hal
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................................... I
KATA PENGANTAR ................................................................................................. II
BIODATA .................................................................................................................... IV
DAFTAR ISI................................................................................................................. VII
BAB I. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang............................................................................................... 1
1.2
Maksud dan tujuan......................................................................................... 2
BAB II. LANDASAN TEORI
2.1
Pengertian Prakerin ....................................................................................... 3
2.2
Manfaat dalam pembelajaran siswa ................................................................ 3
2.3
Pengertian Teknik Komputer Jaringan ............................................................ 3
BAB III. PROFIL DUNIA KERJA
3.1 Identitas
dunia kerja....................................................................................... 5
3.2 Sejarah
perusahaan......................................................................................... 5
3.3 Struktur
organisasi......................................................................................... 6
3.3.1 Gambar struktur organisasi.............................................................. 6
3.3.2 Tugas dan tanggung jawab............................................................... 7
3.4 Standar
Operating Procedure.......................................................................... 7
3.5 Tata tertib karyawan dan PSG.......................................................................... 7
3.6 Analisa
program harian pelatihan kerja ........................................................... 8
BAB IV. PENUTUP
4.1
Kesimpulan................................................................................................... 9
4.2 Saran............................................................................................................. 9
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Berita acara nilai Prakerin
Surat keterangan / sertifikat PRAKERIN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman sekarang, kemajuan
ilmu teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang penting untuk membantu
segala tugas dan aktivitas-aktivitas manusia. Pola pikir
manusia yang selalu ingin tahu untuk menciptakan berbagai hal baru,
memacu berbagai persaingan karya yang berbasis ilmu pengetahuan yang bisa di
terima oleh masyarakat dunia. Persaingan di kalangan masyarakat, menjadikan
dunia industri menjadi lebih maju dan tentunya mengakibatkan
kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin hari lebih menginginkan
barang/jasa yang lebih berkualitas. Hal inilah yang tentunya
mendorong lembaga-lembaga pendidikan untuk mengembangkan
keterampilan siswa yang lebih baik untuk menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas
pula, termasuk lembaga-lembaga pendidikan yang ada di
indonesia. Berbagai lembaga pendidikan terus berinovasi untuk meningkatkan
mutu dari siswa mereka. Hal inilah yang terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) yang terus berusaha memberikan lulusan-lulusan terbaik yang siap berbaur
dengan dunia usaha dan industri maupun instansi pemerintahan bahkan
mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang tentunya siswa tersebut telah
memiliki keterampilan yang bisa bersaing dengan masyarakat dunia.
Usaha-usaha tersebut salah satunya
adalah dengan mengadakan pelaksanaan Praktek kerja industri (Prakerin) bagi
seluruh siswa SMK. Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan bagian dari
program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di
dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu
Pendidikan System Ganda (PSG). Program Prakerin di susun bersama antara sekolah
dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar
dapat menambah wawasan pengalaman dan ilmu pengetahuan peserta untuk lebih
mengembangkan potensi yang ada dalam diri para siswa tersebut. Adapun
hasil dari pelaksanaan kegiatan Prakerin banyak menghasilkan siswa-siswi
yang berkualitas dan telah siap turun langsung untuk berbaur dengan
masyarakat. Berdasarkan pemikiran-pemikiran yang telah di
paparkan di atas, menjelaskan kepada kita bahwa siswa yang telah menyelesaikan
pendidikannya harus bisa memiliki keterampilan dan ilmu yang cukup untuk bisa
berbaur dengan masyarakat khusunya pada dunia usaha dan industri/instansi
pemerintah agar siswa tersebut mampu bertahan di era globalisasi dunia yang
kian hari makin melesat luas dan mampu menjadi manusia
yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara sehingga menjadi Generasi muda yang
dapat di banggakan oleh Nusa dan Bangsa.
1.2 Maksud Dan Tujuan
Penyelenggaraan
praktik kerja industri (Prakerin) bertujuan untuk :
- Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan,
dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
- Memperkokoh "link and
macth" antara sekolah dengan dunia kerja.
- Meningkatkan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan tenaga
kerja yang berkualitas profesional.
- Membentuk mental siswa – siswi agar mempunyai jiwa
pekerja keras yang mampu konsisten.
- Menambah pengetahuan siswa –
siswi di masing-masing bidangnya.
- Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa – siswi agar
menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
- Memberikan bekal serta gambaran
pada siswa – siswi seperti apakah bekerja itu.
- Memberikan suatu wawasan tambahan pada siswa – siswi tentang
sesuatu yang belum di dapatkan di sekolah.
- Sebagai pengalaman melatih diri
dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama melakukan prakerin
sehingga terbiasa dengan dunia lapangan kerja.
- Mengembangkan pemantapan
profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan
pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
- Rentang waktu untuk mencapai keahlian
professional menjadi lebih singkat karena setelah tamat praktik kerja
industri tidak memerlukan waktu latihan waktu lanjutan untuk mencapai
tingkat keahian siap pakai.
- Keahlian profesional yang
diperoleh melalui praktik kerja industri dapat mengangkat harga dan rasa percaya diri yang
dapat mendororng mereka untuk meningkatkan keahliannya pada tingkat
yang lebih tinggi.
- Hasil belajar peserta didik
akan lebih bermakna karena setelah
tamat akan betul-betul memiliki keahlian professional untuk terjun
kelapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya dan untuk
bekal pengembangan dirinya secara berkelanjutan
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Prakerin
PRAKERIN ( Praktek Kerja
Industri ) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang
dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relavan dengan kompetensi (
kemampuan ) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan
prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja,
baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan
dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari
pembimbing sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam
dunia usaha atau dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus
memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan
Praktek kerja industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan
ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja
industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan
terkait.
2.2 Manfaat dalam pembelajaran siswa
·
Memperoleh wawasan luas
mengenai seluk beluk dunia kerja.
·
Meningkatkan rasa percaya
diri, disiplin dan tanggung jawab.
·
Mengetahui arti penting
disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
·
Dapat memahami, memantapkan
dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah.
·
Dapat membandingkan
kemampuan yang diperoleh disekolah dengan dibutuhkan di dunia kerja.
·
Membina hubungan kerja sama
yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
2.3 Pengertian Teknik Komputer Jaringan
Teknik komputer dan jaringan (TKJ)
merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan
komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai
terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah
mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan
dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak
semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang
mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat
dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah
letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ
sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat
dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata
publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja
khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan. Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini
dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa
sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan
dengan komputer dan jaringan. Sejak
terbitnya kebijakan pemerintah bahwa sekolah kejuruan (dulu SMEA, STM, SMKK,
dll) berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK
memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) / prodi
(program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering. Sekarang
ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya,
meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa
Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.
BAB III
PROFIL DUNIA KERJA
3.1 Identitas dunia kerja
Ø Nama
Perusahaan/Instansi : PC KITA
Ø Alamat : Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat 10730 Harco
Mangga Dua ( Pusat Komputer
& Electronik ) Blok A Lt.1 No.78
Ø No.
Telephone Perusahaan/Instansi :
ü Telephone : 021-6125580
Ø Nama
Pimpinan Perusahaan/Instansi : Bpk.Rudi
Ø Pembimbing
Perusahaan/Instansi : Bpk.Abdullah Alfahriel
Ø Awal Berdiri : Tahun 2007
3.2
Visi Dan Misi
Visi
:
Menjadi perusahaan yang sukses ,maju dan
ternama di Indonesia. Dan menjadi perusahaan perkomputeran yang berkualitas.
Misi :
Memberikan
produk-produk unggulan dengan kualitas yang baik dan harga yang
terjangkau.Memberikan layanan terbaik dan juga memberikan produk-produk yang berkualitas
tinggi sehingga para customer merasa sangat senang/puas dengan layanan yang
kami berikan
3.3 Sejarah Perusahaan
Pada tahun 2007 perusahaan ini
terbuat dan memulai berbisnis didunia eletronik, dan mulai berjualan sparepart
untuk laptop maupun komputer. Seiring berjalannya waktu perusahaan ini pun
mulai berkembang, dan pada tahun 2008 mulai menjual laptop second serta
sparepart. Kemudian pada awal 2009 perusahaan ini pun mulai beralih dengan
produk barang yang baru, yaitu dengan tidak menjual laptop second dan diganti
dengan laptop baru dari berbagai merk tetapi masih menjual sparepart. Hingga
sampai saat ini perusahaan tersebut masih menjual berbagai macam merek laptop, sparepart
dan juga telah menambah produk baru yaitu PC Desktop maupun Built-up guna untuk
menambah minat para konsumen dalam berbagai kebutuhannya khususnya dibidang
elektronik.
3.4
Struktur Organisasi
Gambar Struktur
Organisasi
3.1.1
Tugas Dan Tanggung
Jawab
-
Ketua : Mengarahkan dan membimbing para bawahannya
supaya dapat bekerja dengan maksimal.
-
Wakil Ketua : Mengurus konsumen yang mengeluh atas
produk yang dibeli oleh konsumen tersebut.
-
Administrasi : Mengurus keuangan dalam perusahaan.
-
IT Support : Mengurus berbagai masalah yang terjadi
pada produk tersebut.
-
Marketting : Menawarkan dan menjual produk yang ada
pada perusahaan.
-
Staff Marketting: Membantu Marketting dalam
menawarkan dan mejual produk.
-
Staff It Support : Membantu It support dalam
menganalisa kerusakan yang ada pada laptop/computer.
-
Staff Administrasi : Membantu Administrasi dalam
mengatur keuangan.
3.2
Standard Operation
Prosedure (SOP)
Kegiatan :
-
Kami diberi tugas oleh Teknisi untuk merakit computer setelah selesai
pekerjaan yang kami lakukan maka teknisi mengecek apakah perakitan computer
tersebut benar atau tidak.
-
Kami diberi tugas melakukan recovery data dan backup data namun
sebelumnya kita melakukan training terlebih dahulu maka mulailah untuk
melakukan pekerjaan yang telah ditugaskan setelah selesai pekerjaan yang kamu
lakukan maka kami melaporkan tugas kamu kepada teknisi untuk mengecek recovery
data dan backup data apakah sudah benar atau tidaknya.
Tata Tertib Karyawan dan PSG
-
Siswa/I diharuskan datang pada pukul 09:00 WIB. Dan
pulang pada pukul 18:00 WIB.
-
Siswa/I diharuskan memakai pakaian yang sopan
seperti memakai celana jeans dan memakai sepatu.
-
Siswa/I diharuskan mengikuti peraturan yang telah
dibuat oleh perusahaan tersebut.
3.3
Analisa program harian pelatihan kerja
-
Dimas Verian Nugroho :
Kegiatan yang dilakukan sehari - hari yaitu
menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan menjelaskan
keunggulan yang ada pada barang tersebut serta memberikan solusi kepada
konsumen dalam memilih barang. Contoh dari barang tersebut yaitu laptop .
Kemudian juga memperbaiki kerusakan pada laptop, menginstal system operasi
seperti windows 7 ultimate dan menginstal softwarenya seperti Microsoft word,
dan juga melakukan perakitan pada computer.
-
Afzal Arifiansyah :
Kegiatan yang dilakukan sehari - hari yaitu menawarkan
produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan menjelaskan keunggulan yang ada
pada barang tersebut serta memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih
barang. Contoh dari barang tersebut yaitu laptop . menginstal system operasi
seperti windows 7 ultimate, melakukan instalasi software seperti adobe reader dan
mengantar pesanan konsumen seperti PC All in one.
-
Hendri Ramadhan :
Kegiatan yang dilakukan sehari - hari yaitu melakukan instalasi system operasi
seperti windows 7 ultimate, menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan
tersebut dan menjelaskan keunggulan yang ada pada barang tersebut serta
memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih barang dan merakit computer hingga computer tersebut siap
digunakan dengan semestinya.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang
memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada
pekerjaan. Dengan adanya Prakerin penulis dapat merasakan bgaimana
pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing
oleh pihak industri.
4.2 Saran
Berikut akan kami sampaikan
saran-saran agar pelaksanaan prakerin mendatang bisa menjadi lebih baik.
1.
Bagi
Sekolah
-
Tingkatkan jiwa semangat dan mandiri dalam berusaha.
-
Jadikan Prakerin sebagai
ajang penerapan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
2.
Saran untuk tempat Prakerin
-
Tingkatkan pelayanan yang
memuaskan bagi konsumen.
-
Tingkatkan mutu dan kualitas
produk barang yang ditawarkan untuk konsumen.
Ketentuan Penulisan Laporan Prakerin
1. Di ketik pada Aplikasi Microsoft Office ( Microsoft Word )
2. Margin Top : 4cm Bottom : 4cm
Left : 3cm Right :3cm
3. Jarak space : 1,5
4. Jenis Font : Times New Roman
5. Di buat pada kertas HVS ukuran A4 70 atau 80 Gr
Semua ketentuan mengenai laporan prakerin tergantung dari sekolah kalian masing - masing