olNGIb4NkK5r2x7x4oG3GpEzizVpnY6KNCck9cym

Contoh makalah praktek kerja lapangan ( PKL )





LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

PADA PC KITA


OLEH :
Dimas Verian Nugroho        11280
Hendri Ramadhan                12234
Afzal Arifiansyah                  14638


PROGRAM STUDI TEKHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK MULTI MEDIA MANDIRI
TAHUN 2016




LEMBAR PENGESAHAN

Nama Siswa                           
1.      Dimas Verian Nugroho     11280
2.      Hendri Ramadhan             12234
3.      Afzal Arifiansyah             14638

Kelas/ Program keahlian      : XI - I / TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
Tempat Prakerin                   : PC KITA

Kepala Program


Dwi Ismuryanto, S.Kom.
Pembimbing Sekolah


………………………………………

Mengetahui,
Kepala SMK Multi Media Mandiri


R. Erwin Nur Bhakti, ST.,MM.




BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di zaman sekarang, kemajuan ilmu teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang penting untuk membantu segala tugas dan aktivitas-aktivitas manusia. Pola pikir manusia yang selalu ingin tahu untuk menciptakan berbagai hal baru, memacu berbagai persaingan karya yang berbasis ilmu pengetahuan yang bisa di terima oleh masyarakat dunia. Persaingan di kalangan masyarakat, menjadikan dunia industri menjadi lebih maju dan tentunya mengakibatkan kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin hari lebih menginginkan barang/jasa yang lebih berkualitas. Hal inilah yang tentunya mendorong lembaga-lembaga pendidikan untuk mengembangkan keterampilan siswa yang lebih baik untuk menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas pula, termasuk lembaga-lembaga pendidikan yang ada di indonesia. Berbagai lembaga pendidikan terus berinovasi untuk meningkatkan mutu dari siswa mereka. Hal inilah yang terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terus berusaha memberikan lulusan-lulusan terbaik yang siap berbaur dengan dunia usaha dan industri maupun instansi pemerintahan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang tentunya siswa tersebut telah memiliki keterampilan yang bisa bersaing dengan masyarakat dunia.
Usaha-usaha tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan pelaksanaan Praktek kerja industri (Prakerin) bagi seluruh siswa SMK. Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan System Ganda (PSG). Program Prakerin di susun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar dapat menambah wawasan pengalaman dan ilmu pengetahuan peserta untuk lebih mengembangkan potensi yang ada dalam diri para siswa tersebut. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan Prakerin banyak menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas dan telah siap turun langsung untuk berbaur dengan masyarakat. Berdasarkan pemikiran-pemikiran yang telah di paparkan di atas, menjelaskan kepada kita bahwa siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya harus bisa memiliki keterampilan dan ilmu yang cukup untuk bisa berbaur dengan masyarakat khusunya pada dunia usaha dan industri/instansi pemerintah agar siswa tersebut mampu bertahan di era globalisasi dunia yang kian hari makin melesat luas dan mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara sehingga menjadi Generasi muda yang dapat di banggakan oleh Nusa dan Bangsa.


1.2  Maksud Dan Tujuan
Penyelenggaraan praktik kerja industri (Prakerin) bertujuan untuk :
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh "link and macth" antara sekolah dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan  pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
  4. Membentuk  mental siswa – siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
  5. Menambah pengetahuan siswa – siswi di masing-masing bidangnya.
  6. Memberikan suatu  motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
  7. Memberikan bekal serta gambaran pada siswa – siswi seperti apakah bekerja itu.
  8. Memberikan suatu wawasan  tambahan pada siswa – siswi tentang sesuatu yang belum di dapatkan di sekolah.
  9. Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama melakukan prakerin sehingga terbiasa dengan dunia lapangan kerja.
  10. Mengembangkan pemantapan profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
  11. Rentang  waktu untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat karena setelah tamat praktik kerja industri tidak memerlukan waktu latihan waktu lanjutan untuk mencapai tingkat keahian siap pakai.
  12. Keahlian profesional yang diperoleh melalui praktik kerja industri  dapat  mengangkat harga dan  rasa percaya diri  yang  dapat mendororng mereka untuk meningkatkan keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi.
  13. Hasil belajar peserta didik akan lebih bermakna karena setelah  tamat akan betul-betul memiliki keahlian professional untuk terjun kelapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya dan untuk bekal pengembangan dirinya secara berkelanjutan.




BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Pengertian Prakerin
      PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relavan dengan kompetensi ( kemampuan ) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek kerja industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

2.2  Manfaat dalam pembelajaran siswa
·         Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
·         Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
·         Mengetahui arti penting disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
·         Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah.
·         Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan dibutuhkan di dunia kerja.
·         Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.



2.3  Pengertian Teknik Komputer Jaringan
Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan. Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Sejak terbitnya kebijakan pemerintah bahwa sekolah kejuruan (dulu SMEA, STM, SMKK, dll) berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) / prodi (program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering. Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain. 




BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama                                       : Dimas Verian Nugroho
Jenis Kelamin                          : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir            : Jakarta, 13 Oktober 1999
Alamat Rumah                        : Jl. Adhi Karya RT. 004/02 No. 52Kedoya                   
  Selatan,kebon Jeruk- Jakarta Barat 
Nomor Telp / HP                    : 08811268062
NIS                                         : 14666
Agama                                     : Islam
Kelas / program keahlian        : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN              : PC KITA
Asal sekolah                            : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah                      : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua / wali      
Ayah                           : Tasrifin Arifin
Ibu                               : Watinah
Nomor Telp / HP        : 081380667862


Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta



Dimas Verian Nugroho





BIODATA SISWA PRAKERIN

Nama                                       : Hendri Ramadhan
Jenis Kelamin                          : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir            : Subang, 06 Januari 1998
Alamat Rumah                        : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat                            
Nomor Telp / HP                    : 083871804450
NIS                                         : 14678
Agama                                     : Islam
Kelas / program keahlian        : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN              : PC KITA
Asal sekolah                            : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah                      : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua / wali      
Ayah                           : Aliyusman
Ibu                               : Kurniasih

Nomor Telp / HP        : 088977046804

Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta



Hendri Ramadhan





BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama                                       : Afzal Arifiansyah
Jenis Kelamin                          : Laki - laki
Tempat / Tanggl Lahir            : Jakarta, 04 Juli 1998
Alamat Rumah                        : Kedaung Kali Angke Rt008/08 Kel.Kedaung Kali Angke
  Kec.Cengkareng - Jakarta Barat                      
Nomor Telp / HP                    : 083807948222
NIS                                         : 14638
Agama                                     : Islam
Kelas / program keahlian        : Teknik Komputer Jaringan
Tempat PRAKERIN              : PC KITA
Asal sekolah                            : SMK MULTI MEDIA MANDIRI
Alamat Sekolah                      : Jl Raya Kedoya Al-Kamal No. 2 Kebon Jeruk -Jakarta Barat
Nama Orang Tua / wali      
Ayah                           : Nur Arifin
Ibu                               : Sunarsih
Nomor Telp / HP        : 081289867265

Jakarta, 31 Maret 2016
Peserta



Afzal Arifiansyah







DAFTAR ISI
                                                                                                                                      Hal
LEMBAR PENGESAHAN......................................................................................... I
KATA PENGANTAR ................................................................................................. II
BIODATA .................................................................................................................... IV
DAFTAR ISI................................................................................................................. VII
BAB I. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang............................................................................................... 1
1.2  Maksud dan tujuan......................................................................................... 2
BAB II. LANDASAN TEORI
2.1  Pengertian Prakerin ....................................................................................... 3
2.2  Manfaat dalam pembelajaran siswa ................................................................ 3
2.3  Pengertian Teknik Komputer Jaringan ............................................................ 3
BAB III. PROFIL DUNIA KERJA
3.1  Identitas dunia kerja....................................................................................... 5
3.2  Sejarah perusahaan......................................................................................... 5
3.3  Struktur organisasi......................................................................................... 6
3.3.1  Gambar struktur organisasi.............................................................. 6
3.3.2  Tugas dan tanggung jawab............................................................... 7
3.4  Standar Operating Procedure.......................................................................... 7
3.5 Tata tertib karyawan dan PSG.......................................................................... 7

3.6  Analisa program harian pelatihan kerja ........................................................... 8
BAB IV. PENUTUP
4.1  Kesimpulan................................................................................................... 9
4.2  Saran............................................................................................................. 9
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Berita acara nilai Prakerin
Surat keterangan / sertifikat PRAKERIN






BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di zaman sekarang, kemajuan ilmu teknologi, informasi dan komunikasi adalah hal yang penting untuk membantu segala tugas dan aktivitas-aktivitas manusia. Pola pikir manusia yang selalu ingin tahu untuk menciptakan berbagai hal baru, memacu berbagai persaingan karya yang berbasis ilmu pengetahuan yang bisa di terima oleh masyarakat dunia. Persaingan di kalangan masyarakat, menjadikan dunia industri menjadi lebih maju dan tentunya mengakibatkan kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin hari lebih menginginkan barang/jasa yang lebih berkualitas. Hal inilah yang tentunya mendorong lembaga-lembaga pendidikan untuk mengembangkan keterampilan siswa yang lebih baik untuk menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas pula, termasuk lembaga-lembaga pendidikan yang ada di indonesia. Berbagai lembaga pendidikan terus berinovasi untuk meningkatkan mutu dari siswa mereka. Hal inilah yang terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terus berusaha memberikan lulusan-lulusan terbaik yang siap berbaur dengan dunia usaha dan industri maupun instansi pemerintahan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang tentunya siswa tersebut telah memiliki keterampilan yang bisa bersaing dengan masyarakat dunia.
Usaha-usaha tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan pelaksanaan Praktek kerja industri (Prakerin) bagi seluruh siswa SMK. Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus di laksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan System Ganda (PSG). Program Prakerin di susun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar dapat menambah wawasan pengalaman dan ilmu pengetahuan peserta untuk lebih mengembangkan potensi yang ada dalam diri para siswa tersebut. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan Prakerin banyak menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas dan telah siap turun langsung untuk berbaur dengan masyarakat. Berdasarkan pemikiran-pemikiran yang telah di paparkan di atas, menjelaskan kepada kita bahwa siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya harus bisa memiliki keterampilan dan ilmu yang cukup untuk bisa berbaur dengan masyarakat khusunya pada dunia usaha dan industri/instansi pemerintah agar siswa tersebut mampu bertahan di era globalisasi dunia yang kian hari makin melesat luas dan mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara sehingga menjadi Generasi muda yang dapat di banggakan oleh Nusa dan Bangsa.


1.2  Maksud Dan Tujuan
Penyelenggaraan praktik kerja industri (Prakerin) bertujuan untuk :
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh "link and macth" antara sekolah dengan dunia kerja.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan  pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
  4. Membentuk  mental siswa – siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
  5. Menambah pengetahuan siswa – siswi di masing-masing bidangnya.
  6. Memberikan suatu  motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
  7. Memberikan bekal serta gambaran pada siswa – siswi seperti apakah bekerja itu.
  8. Memberikan suatu wawasan  tambahan pada siswa – siswi tentang sesuatu yang belum di dapatkan di sekolah.
  9. Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama melakukan prakerin sehingga terbiasa dengan dunia lapangan kerja.
  10. Mengembangkan pemantapan profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
  11. Rentang  waktu untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat karena setelah tamat praktik kerja industri tidak memerlukan waktu latihan waktu lanjutan untuk mencapai tingkat keahian siap pakai.
  12. Keahlian profesional yang diperoleh melalui praktik kerja industri  dapat  mengangkat harga dan  rasa percaya diri  yang  dapat mendororng mereka untuk meningkatkan keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi.
  13. Hasil belajar peserta didik akan lebih bermakna karena setelah  tamat akan betul-betul memiliki keahlian professional untuk terjun kelapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya dan untuk bekal pengembangan dirinya secara berkelanjutan





BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Pengertian Prakerin
      PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relavan dengan kompetensi ( kemampuan ) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek kerja industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

2.2  Manfaat dalam pembelajaran siswa
·         Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
·         Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
·         Mengetahui arti penting disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
·         Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah.
·         Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan dibutuhkan di dunia kerja.
·         Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.

2.3  Pengertian Teknik Komputer Jaringan
Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan. Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Sejak terbitnya kebijakan pemerintah bahwa sekolah kejuruan (dulu SMEA, STM, SMKK, dll) berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) / prodi (program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering. Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain. 





BAB III
PROFIL DUNIA KERJA
3.1  Identitas dunia kerja
Ø  Nama Perusahaan/Instansi                  :   PC KITA
Ø  Alamat                                                :  Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat 10730 Harco
Mangga Dua ( Pusat Komputer & Electronik ) Blok A Lt.1 No.78
Ø  No. Telephone Perusahaan/Instansi    :
ü  Telephone                                : 021-6125580
Ø  Nama Pimpinan Perusahaan/Instansi  :   Bpk.Rudi
Ø  Pembimbing Perusahaan/Instansi       :  Bpk.Abdullah Alfahriel
Ø  Awal Berdiri                                       : Tahun 2007

3.2  Visi Dan Misi
Visi :
Menjadi perusahaan yang sukses ,maju dan ternama di Indonesia. Dan menjadi perusahaan perkomputeran yang berkualitas.

Misi :

Memberikan produk-produk unggulan dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.Memberikan layanan terbaik dan juga memberikan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga para customer merasa sangat senang/puas dengan layanan yang kami berikan

3.3  Sejarah Perusahaan
Pada tahun 2007 perusahaan ini terbuat dan memulai berbisnis didunia eletronik, dan mulai berjualan sparepart untuk laptop maupun komputer. Seiring berjalannya waktu perusahaan ini pun mulai berkembang, dan pada tahun 2008 mulai menjual laptop second serta sparepart. Kemudian pada awal 2009 perusahaan ini pun mulai beralih dengan produk barang yang baru, yaitu dengan tidak menjual laptop second dan diganti dengan laptop baru dari berbagai merk tetapi masih menjual sparepart. Hingga sampai saat ini perusahaan tersebut masih menjual berbagai macam merek laptop, sparepart dan juga telah menambah produk baru yaitu PC Desktop maupun Built-up guna untuk menambah minat para konsumen dalam berbagai kebutuhannya khususnya dibidang elektronik.
3.4    Struktur Organisasi
Gambar Struktur Organisasi




3.1.1        Tugas Dan Tanggung Jawab
-          Ketua : Mengarahkan dan membimbing para bawahannya supaya dapat bekerja dengan maksimal.
-          Wakil Ketua : Mengurus konsumen yang mengeluh atas produk yang dibeli oleh konsumen tersebut.
-          Administrasi : Mengurus keuangan dalam perusahaan.
-          IT Support : Mengurus berbagai masalah yang terjadi pada produk tersebut.
-          Marketting : Menawarkan dan menjual produk yang ada pada perusahaan.
-          Staff  Marketting: Membantu Marketting dalam menawarkan dan mejual produk.
-          Staff It Support : Membantu It support dalam menganalisa kerusakan yang ada pada laptop/computer.
-          Staff Administrasi : Membantu Administrasi dalam mengatur keuangan.


3.2    Standard Operation Prosedure (SOP)

Kegiatan :
-          Kami diberi tugas oleh Teknisi untuk merakit computer setelah selesai pekerjaan yang kami lakukan maka teknisi mengecek apakah perakitan computer tersebut benar atau tidak.
-          Kami diberi tugas melakukan recovery data dan backup data namun sebelumnya kita melakukan training terlebih dahulu maka mulailah untuk melakukan pekerjaan yang telah ditugaskan setelah selesai pekerjaan yang kamu lakukan maka kami melaporkan tugas kamu kepada teknisi untuk mengecek recovery data dan backup data apakah sudah benar atau tidaknya.

Tata Tertib Karyawan dan PSG
-          Siswa/I diharuskan datang pada pukul 09:00 WIB. Dan pulang pada pukul 18:00 WIB.
-          Siswa/I diharuskan memakai pakaian yang sopan seperti memakai celana jeans dan memakai sepatu.
-          Siswa/I diharuskan mengikuti peraturan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut.

3.3    Analisa program harian pelatihan kerja

-          Dimas Verian Nugroho :
Kegiatan yang dilakukan sehari - hari yaitu menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan menjelaskan keunggulan yang ada pada barang tersebut serta memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih barang. Contoh dari barang tersebut yaitu laptop . Kemudian juga memperbaiki kerusakan pada laptop, menginstal system operasi seperti windows 7 ultimate dan menginstal softwarenya seperti Microsoft word, dan juga melakukan perakitan pada computer.

-          Afzal Arifiansyah :
Kegiatan yang dilakukan sehari - hari yaitu menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan menjelaskan keunggulan yang ada pada barang tersebut serta memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih barang. Contoh dari barang tersebut yaitu laptop . menginstal system operasi seperti windows 7 ultimate, melakukan instalasi software seperti adobe reader dan mengantar pesanan konsumen seperti PC All in one.

-          Hendri Ramadhan :
Kegiatan yang dilakukan sehari -  hari yaitu melakukan instalasi system operasi seperti windows 7 ultimate, menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan menjelaskan keunggulan yang ada pada barang tersebut serta memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih barang dan  merakit computer hingga computer tersebut siap digunakan dengan semestinya.





BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan. Dengan adanya Prakerin penulis dapat merasakan bgaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing oleh pihak industri.

4.2  Saran
Berikut akan kami sampaikan saran-saran agar pelaksanaan prakerin mendatang bisa menjadi lebih baik.
1.       Bagi Sekolah
-          Tingkatkan jiwa semangat dan mandiri dalam berusaha.
-          Jadikan Prakerin sebagai ajang penerapan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
2.      Saran untuk tempat Prakerin
-          Tingkatkan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.
-          Tingkatkan mutu dan kualitas produk barang yang ditawarkan untuk konsumen.




Ketentuan Penulisan Laporan Prakerin
1. Di ketik pada Aplikasi Microsoft Office ( Microsoft Word )
2. Margin Top : 4cm         Bottom  : 4cm
                Left : 3cm         Right     :3cm
3. Jarak space : 1,5
4. Jenis Font : Times New Roman
5. Di buat pada kertas HVS ukuran A4 70 atau 80 Gr

Semua ketentuan mengenai laporan prakerin tergantung dari sekolah kalian masing - masing 



Related Posts

Posting Komentar