Karakteristik dari : bentuk web, perilaku navigasi, pencarian serta
peran dan dampak dalam perilaku sosial serta pengaruhnya.
TUGAS SOFTSKILL
( PENGANTAR WEB SCIENCE # )
NAMA :
AFZAL ARIFIANSYAH
NPM : 50417252
KELAS : 2IA05
PENGERTIAN
WEBSITE ITU SENDIRI ?
Website adalah sebuah kumpulan halaman pada
suatu domain di internet yang dibuat
dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas
melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser.
Jenis -
Jenis dan Karakteristik WEB
Website
Dinamis
Merupakan website yang
contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara
lain adalah wikipedia, detik, olx dan blog. Faktor utama yang membuat sebuah
web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun
yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan
sangat mudah.
Keuntungan
Website Dinamis
·
Memiliki banyak fitur
tambahan
·
Lebih mudah untuk
dikembangkan
·
Mudah menambah konten baru
yang menarik pengunjung dari search engine
·
Memiliki fitur yang
memudahkan pengelola dan pengguna untuk bekerjasama
Kekurangan
Website Dinamis
·
Membutuhkan waktu lama dan
dana lebih untuk pengembangan
·
Membutuhkan biaya hosting
lebih mahal
Mayoritas website dari era awal internet
memiliki desain statis, tapi kini semakin banyak orang yang sadar akan banyak
kelebihan website dinamis. Website dinamis memiliki fitur lebih banyak dan juga
memberikan kesan profesional dan pengalaman menarik bagi pengunjung website
Anda.
Website
Statis
Merupakan website yang
jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat
sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi.
Kelebihan
Website Statis
·
Cepat untuk dikembangkan
·
Efisien untuk dikembangkan
·
Efisien saat disimpan pada
web hosting
·
Kekurangan Website Statis
·
Membutuhkan tenaga ahli
khusus untuk melakukan perubahan
·
Situs menjadi kurang
bermanfaat bagi pengunjung
·
Konten website yang usang
Halaman website statis jauh lebih sederhana,
cenderung lebih aman dari serangan hacker, tidak rentan dari kesalahan teknis,
dan lebih mudah dibaca oleh search engine (Google).
WEB DAN
PERILAKU PENGGUNA /INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
Adalah sebuah hubungan
antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk
mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang
bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
A.
Perilaku Navigasi
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar,
yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan
secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah
navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada
level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi
dengan reviewed by NavinoT. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang
benar-benar dia cari.
Permasalah
dalam kaitan dengan:
·
Para pemakai interface
website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaranpadasitus.
·
Struktur lokasi tidak dapat
ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan
suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi
tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
·
Tabel Index (Peta Lokasi)
·
Index
·
Navigasi
·
Fasilitas Pencarian (Search)
B.
Perilaku Pencarian
Fitur
pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika
situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna.
Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman
terbaik dalam pemanfaatan situs.
Seperti kasus diatas kita membandingkan 2 situs
jual beli online yang dimana kita dapat melihat perbedaan dari navigasi dan
pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
Gambar 1
Gambar 2
Gambar diatas adalah situs jual beli online
yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar :
1. Dilihat navigasi bagian header (atas) terdapat kata pencarian
(disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu
ada tombol kategori disebelah kiri pencarian (untuk memudahkan pencarian),
semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh
pengunjung), dibagian palinkg atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan
(untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin
memasangkan suatu iklannya).
2. tentunya berbeda dengan gambar yang diatasnya. ketika
mengarahakan kursor ke pencrian, maka akan langsung muncul pencarian populer(
yang paling banyak dicari). Untuk navigasi web hampir sama dengan gambar 1,
hanya beda warna dan desain.
dan tentunya dibagian footer suatu situs jaual
beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy
policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.
kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia
yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam
negeri.
website ini dapat menyimpulkan bahwa adanya
kekurangan & kelebihan.
1.
Kekurangan
·
Seperti pada prinsip
accesbility, penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia,
sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi
sangat sulit.
·
Transaksi tidak bisa
dilakukan secara online
2.
Kelebihan
·
Penempatan terstruktur
·
Diharuskan menjadi member
untuk setiap user
·
Simple & efisien
Perilaku
Sosial
Web pun dapat merefleksikan
perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP
address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut
menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial
seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan
mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah
daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. berita online biasanya lebih
cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca
yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang
baru terjadi.
·
Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan
informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang
mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :
1. Dampak
positif :
·
lebih cepat dan mudah dalam
meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
·
dapat berkomunikasi dengan
baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi
dengan mudah
·
mudah mencari informasi
serta berbelanja online pun dapat dilakuka
2. Dampak
negatif :
·
munculnya banyak penipu yang
memanfaatkan internet
·
adanya plagiatisme
·
munculnya pencurian/hack
·
munculnya banyak
konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak
mental
·
bahaya kesehatan akibat
radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Pengaruh
:
Pengaruh yang ada dari penjualan go online bagi
pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi adalah terjadinya industrialisasi,
produktifitas dunia industri akan semakin meningkat, tentunya juga kemajuan
teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari
aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Dan tentu saja akan
sangat meningkatkan penjualan.
SUMBER :
شكرا جزيلا
BalasHapus